Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Tugas Pokok, Fungsi dan Kewenangan

Tugas Pokok

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan tugas umum Pemerintah Kabupaten di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Fungsi

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, mempunyai fungsi :

  • Pelaksanaan urusan ketatausahaan Dinas
  • Penyusunan program kerja tahunan, jangka menengah dan jangka panjang
  • Perumusan, perencanaan kebijakan dan melaksanakan pembinaan teknis di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Penyelenggaraan kegiatan pelayanan di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Pelaksanaan koordinasi, dan kerja sama dengan institusi dan atau lembaga terkait lainnya bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Pemantauan, evaluasi dan pelaporan di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil
  • Pembinaan UPTD dan
  • Pelaksanaan tugas-tugas kedinasan lainnya yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan bidang tugasnya

Kewenangan

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai kewenangan sebagai berikut :

  • Mengoordinasikan penyelenggaraan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil
  • Melakukan pengaturan teknis penyelenggaraan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan
  • Melakukan pembinaan dan sosialisasi penyelenggaraan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil
  • Melaksanakan kegiatan pelayanan kepada masyarakat di bidang administrasi kependudukan dan pencatatan sipil
  • Menugaskan kepada Gampong untuk menyelenggarakan sebagian urusan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil berdasarkan azas tugas pembantuan dan
  • Mengelola dan menyajikan data kependudukan dan pencatatan sipil berskala kabupaten.