MEUREUDU - Gampong Blang Dalam Ulee Gle, Kecamatan Bandar Dua, Pidie Jaya (Pijay), menjadi desa pelopor di bidang kesehatan dengan mengalokasikan Anggaran Pendapatan Belanja Gampong (APBG) guna membangun jamban bagi warga yang kurang mampu.

Keuchik Gampong Blang Dalam Ulee Gle, Bandar Dua, Pijay, Tgk M Yacob (53) kepada Serambi, Jumat (5/9) mengatakan, pembangunan jamban atau WC ini sebagai inisiatif gampong demi mewujudkan masyarakat yang lebih bersih.

 “Dari hasil survei terhadap 250 Kepala Keluarga (KK), terdapat 20 warga tak mampu atau fakir yang patut mendapat perhatian pembangunan fasilitas kesehatan berupa jamban atau WC melalui dana desa yang telah dialokasikan Rp 100 juta,” sebutnya.

Dari setiap pembangunan tersebut, pihaknya menganggarkan dana per unit Rp 5 juta. Pada tahun 2018, pihaknya mengalokasikan dana Rp 75 juta untuk pembangunan jamban sebanyak 15 unit. Sementara sisanya lima unit lagi dilanjutkan pada tahun 2019 mendatang.

“Program ini mendapat sambutan masyarakat dan diharapkan dengan program ini masyarakat terbebas dari penyakit serta menjadi pilot project untuk 222 gampong di Pijay,” sebutnya. Kepala Dinas Kesehatan Pijay, Said Abdullah SH MKM kepada Serambi, kemarin mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi atas inisiatif pembangaunan WC bagi warga tidak mampu. “Atas kesadaran yang luar biasa terhadap masyarakat, maka patut diberikan apresiasi,” jelasnya.

Sebab, selama ini belum ada gampong lainnya di Pijay yang punya inisiatif untuk pembangunan jamban dengan menggunakan dana desa. “Saya berharap hal ini dapat diikuti oleh gampong lainnya,” katanya. (/serambinews)

Jumlah Kunjungan

11033
Hari iniHari ini33
KemarinKemarin72
Minggu iniMinggu ini14
Bulan iniBulan ini1543
SemuaSemua11033

PETA LOKASI

Kantor Bupati Pidie Jaya Bagian Humas dan Protokoler Setdakab

This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Follow